Rabu, 21 November 2012

Penjelasan Fase-Fase dalam Cabang Olahraga Bola Basket
  Dalam olahraga basket, tedapat beberapa fase-fase yang harus dilakukan secara sistematis agar atlet dapat berlatih dengan baik. Misalnya fase awal :
 a. Atlet belajar memegang bola dengan benar. Pada poin ini, atlet diharapkan dapat memegang bola dengan benar. Hal ini dikarenakan olahraga ini merupakan olahraga tangan.
 b. Dribble bola dengan kedua tangan untuk membiasakan jarak pantul bola. Hal ini dimaksudkan agar atlet terbiasa dengan jarak pantul bola yang ia dribble. Sehingga pada saat bermain dilapangan, ia dapat memperkirakan seberapa besar tenaga yang digunakan untuk melekukan dribble yang benar. Setelah melewati latihan tahap/fase awal dengan baik, barulah seoran atlet memasuki latihan fase inti, yaitu :
  •  a. Passing Passing merupakan cara mengumpan bola kepada teman menggunakan kedua tangan. Kegiatan ini membiasakan atlet untuk lebih cakap dalam melempar maupun menangkap bola. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan diam (tidak berpindah-pindah) dan juga dapat dilakukan dengan berjalan (berpindah-pindah).
  •  b. Dribble Pada fase inti ini, atlit tidak lagi belajar mendribble bola dengan kedua tangan melainkan hanya menggunakan satu tangan. Karena dalam olahraga bola basket hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan. Pelatihan dribble ini harus dilakukan dengan matang, karena dribble selalu digunakan dalam seluruh sesi permainan.
  •  c. Lay-up Lay-up merupakan salah satu cara untuk memasukkan bola ke ring. Dalam lay-up, proses pemasukkan bola dilakukan dengan berlari sebanyak dua langkah setelah itu loncat dan melempar bola ke ring.
  •  d. Shooting Shooting juga merupakan salah satu cara melempar bola selain dengan lay-up. Yang membedakan dengan lay-up adalah proses pemasukan bola tersebut. Dalam shootingatlet memasukkan bola ke ring dengan cara menembakkan bolatersebut ke ring dari arah manapun tanpa berlari mendekati ring terlebih dahulu. Fase akhir dalam latihan adalah pengaplikasian dari pelatihan pada fase inti (passing, dribble, lay-up dan shooting). Misalnya adalah
  •  a. Variasi passing Passing dengan menggunakan satu tangan.
  •  b. Variasi dribble Mendribble bola untuk melewati lawan dengan berbagai variasi, misalnya cross-over.
  •  c. Variasi lay-up Melempar bola dengan menggunakan salah satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri.
  •  d. Variasi shooting Menembak bola dengan menggunakan salah satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar