Rabu, 21 November 2012

PENJAS TERHADAP KUALITAS SDM
 Pendidikan jasmani adalah proses interaksi sistematik antara anak didik dan lingkungan yang dikelola melalui pengembangan jasmani secara efektif dan efisien menuju pembentukan manusia seutuhnya.Dengan demikian, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang menunjang perkembangan sisiwa melalui kegiatan fisik atau gerakan insani. Melalui pendidikan jasmani,secara langsung akan meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia itu sendiri / anak didik.contoh dengan kegiatan Penjas anak didik mengalami hal – hal berikut :
  •  a. Perkembangan keterampilan gerak ,pengetahuan tentang bagaimana dan mengapa orang bergerak serta bagaimana mengatur gerakan itu secara baik dan benar.
  •  b. Penguasaan gerak yang lebih tinggi melalui latihan yang mendasar untuk mengembangkan petensi keolahragaan.
  •  c. Perluasan wawasan tentang kensep ruang ,waktu, dan tenaga yang berkaitan erat dengan gerak insani dan hubungan kehidupan sehari – hari.
  •  d. Perkembangan aspek – aspek kepribadian seperti fair play, tekun, kerja keras, disiplin dan tak mudah putus asa.
  •  e. Pemantapan nilai sosial dalam kelompok maupun antar perorangan melalui kegiatan permainan atau olahraga kelompok.
  •  Contoh kegiatan penjas diatas menunjukan bahwa melalui aktivitas penjas akan membentuk manusia – manusia yang berkualitas karena penjas mampu mengembang kepribadian yang baik secara jasmani maupun rohani. Peranan guru penjas bersifat majemuk.artinya peran guru penjas tidak hanya satu tetapi lebih dari satu. Sumber buku referensi : Supandi, STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN. Depdikbud , 1992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar